Wisata

Kecamatan Jiken mempunyai beberapa Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) yang bisa dikunjungi, di antaranya adalah:

1. Bukit Serut (Desa Singonegoro)

Wisata Bukit Serut menawarkan keindahan alam Kecamatan Jiken dari atas bukit yang menawan. Wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang terdiri dari pemuda dan warga lokal Desa Singonegoro sendiri (Community Based Tourism). Fasilitas di Bukit Serut sudah cukup lengkap, di antaranya: banyak Spot Foto yang menarik, banyak tersedia Gazebo dan tempat duduk, Toilet, Warung-Warung yang menyediakan makanan dan minuman, Kolam Ikan, Taman Bunga, Musholla, Tempat Parkir Mobil dan Sepeda Motor, dll. (Instagram: @puncak_serut)

2. Bukit Kunci dengan hiburan Wayang Tengul (Desa Bangowan)

Sama seperti Bukit Serut di Singonegoro, Bukit Kunci juga menawarkan pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Di sana juga banyak terdapat Spot Foto yang menarik dan estetik, Gazebo dan tempat duduk, Toilet, Taman Bunga, Warung yang menjual makanan dan minuman, Tempat Parkir, dll. Selain itu, di sana juga terdapat hiburan berupa Wayang Tengul yang diinisiasi oleh pemuda dan warga lokal Desa Bangowan.

3. Pemandian Air Panas (Desa Nglobo)

Pemandian Air Panas ini biasanya didatangi oleh Wisatawan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit kulit. Banyak yang mengatakan bahwa penyakit kultnya sembuh setelah mandi atau berendam di pemandian ini, dikarenakan kandungan yang ada di dalam airnya. Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Nglobo juga cukup lengkap, terdapat Kolam Pemandian, Kamar Mandi, Karaoke, Warung-Warung yang menyediakan makanan dan minuman, Spot Foto, Gazebo, dan Tempat Parkir untuk mobil dan motor.

4. Wisata Petik Buah Sawo (Desa Bangowan)

Wisata Petik Buah Sawo ini terletak di Desa Bangowan. Wisatawan bisa bebas memetik Buah Sawo dengan harga yang terjangkau dengan kisaran Rp 13.000 - Rp 15.000 per kilogram. Kebun Buah Sawo ini dimiliki dan dikelola oleh masyarakat lokal, di mana Wisatawan bisa bebas memilih kebun untuk dikunjungi.

5. Wisata Religi di Makam Jatikusumo dan Jatisuworo (Desa Janjang)

Wisata ini terletak di Desa Janjang, mayoritas Wisatawan datang untuk berziarah di makam kedua Tokoh Agama yang dihormati, yaitu Ki Jatikusumo dan Ki Jatisuworo. Puncaknya adalah ketika perayaan Sedekah Bumi (Gas Deso/Manganan) yang dilaksankan setiap 1 (satu) tahun sekali. Di mana masyarakat lokal akan berbondong-bondong membawa makanan untuk dimakan bersama-sama. Selain itu, terdapat pertunjukan Wayang dan pelaksanan Nadzar oleh masyarakat sekitar dengan menyembelih Sapi dan/atau Kambing yang kemudian akan dibagikan kepada warga sekitar.


Info